Powered By Blogger

Sabtu, 28 Desember 2013

bahan kuliah Hadits mengenai pencemaran lingkungan dan untuk tidak merusak



Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah Saw. Bersabda, “Iman itu mempunyai tujuh puluh lebih atau enam puluh cabang lebih, sedangkan yang paling utamanya adalah ucapan, ‘Lâilâhaillallâh-tiada tuhan selain Allah,’ dan yang paling rendahnya adalah menyingkirkan sesuatu bahaya (ringan) dari tengah jalan; sedangkan sifat malu adalah sebagian dari iman. Sumber: Ringkasan Hadis Imam Muslim/nomor hadis 30.

Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah Saw. bersabda, “takutlah kamu menjadi dua macam orang yang terlaknat.””Para Sahabat bertanya, “Siapakah dua macam orang yang terlaknat itu wahai Rasulullah?” beliau menjawab, “Yaitu orang yang suka buang air dijalan yang biasa dilalui manusia, atau ditempat yang biasa orang berteduh. Sumber: Ringkasan Hadis Imam Muslim/106.

Dari Ibnu Abbas r.a. katanya, berkata Rasulullah Saw. “Sesungguhnya negeri ini telah diharamkan Allah sejak Dia menciptakan langit dan bumi, jadi ia haram dengan ketentuan Allah sampai dihari kiamat. Dan tiadalah boleh berperang padanya bagi siapa jugapun dan bagi saya hanya diijinkan Allah beberapa saat saja pada hari ini : ia tetap haram sampai hari kiamat. Kayunya tidak boleh ditebang, hewannya tak boleh diburu, barang yang jatuh padanya tak boleh dipungut kecuali bagi orang yang mau menyiarkan kabarnya dan rumputnyapun tak boleh diambil, selain dari pada rumput Izkhir. Sumber: Terjemaah Hadis Shahih Muslim/nomor hadis 798.

Dari Jabir r.a. katanya, berkata Rasulullah s.a.w.: “bahwa Nabi Ibrahim telah mengharamkan negeri Mekah dan saya mengharamkan negeri Madinah termasuk didalamnya dua lembah yang berbatu kerikil. Tidak boleh ditebang pohonya dan tidak boleh pula diburu hewan-hewannya. Terjamahan Hadis Shahih Muslim, nomor hadis:800.

Dari Abu Hurairah r.a.: Rasulullah Saw. Bersabda, “Apabila seseorang meninggal, putuslah amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu amaljariah, ilmu yag bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya. Sumber: Hadis Ringkasan Imam Muslim/ nomor hadis 1001.

Dari Anas r.a. dia berkata:Rasulallah Saw. Pernah bersabda, “siapapun dari salah seorang muslim menanam pohon atau menabur benih, kemudian (tumbuh dan berbuah) lalu buahnya dimakan oleh manusia atau hewan, maka itu bernilai sebagai sedekah yang diberikan”.Sumber: Hadis riwayat Imam Al-Bukhary/2320.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar