Riwayat Imam
Muslim
LATARBELAKANG
|
Nama
|
Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Ward
|
Nama Panggilan
|
Abu Al-Husin
|
Keturunan
|
1. Al- Qusyairi : Nisbah kepada kabilah tempat
kehidupan beliau. Mengikut sesetengah riwayat beliau adalah berbangsa Arab
dan ada yang berpendapat bahawa beliau dinasabkan kepada Qusyairi iaitu
nisbah kepada bangsa ajam (bukan Arab).
2. An-naisaburi : Nisbah kepada negeri tempat tinggal beliau di Naisabur iaitu sebuah bandar besar yang terletak di Khurasan. |
Kelahiran
|
Para ulama tidak dapat memastikan tahun
kelahirannya, sebahagian daripada mereka berpendapat bahawa beliau dilahirkan
pada tahun (204) Hijrah dan ada yang berpendapat beliau dilahirkan pada tahun
(206) Hijrah.
|
Kematian
|
Imam Muslim meninggal dunia pada hari Ahad bulan Rejab
iaitu pada tahun (261) Hijrah ketika berusia dalam lingkungan 50-an.
|
Guru-Guru
|
1. Abdullah bi Muslamah Al-Qa'nabi.
2. Ahmad bin Hambal. 3. Ishak bin Rahawiyah. 4. Yahya bin Mu'in. 5. Ishak bin Mansor. 6. Abu Bakar bin Abu Syaibah. 7. Abdullah bin Abdul Rahman Ad-darimi. 8. Abu Kuraib Muhammad bin Al-A'la. 9. Muhammad bin Abdullah bin Numair. 10. Abdul bin Humaid. |
ILMU
ILMU
|
Bil
|
Ilmu
|
Keterangan
|
1
|
Hadis
|
Maksudnya pengetahuan tentang susunan hadis mengikut
sanad dan matanya, dan juga menjaga Nas Hadis. Pengetahuan tentang
perselisihan dan penambahan, perbezaan Sahih dengan Dhaif Marfuk, Mauquf dan
Maqtuk. Imam Muslim pakar dalam bidang ini, sudah memadai (sahihnya) dikira
sebagai kitab sahih yang kedua asas sunnah, ramai yang tertumpu kepada beliau
selepas Imam Bukhari. Beliau terus mengumpul hadis selama 15 tahun . Juga
membetulkan dan memilih sehingga selesai menyebabkan kedudukan karangan
beliau diangkat oleh Allah sebagaimana Al-Hafiz Ibnu Salah berkata, "
Allah telah mengangkat kitab karangan As-Sahih kepada kedudukan yang tinggi
dan beliau sebagai imam yang dijadikan hujah, disebut-sebut dan dihormati
dalam ilmu hadis serta ilmu-ilmu lain".
|
2
|
Biodata Perawi
|
Ilmu ini adalah asas yang dipegang oleh pakar hadis
untuk membezakan sanad-sanad dan mengenalinya. Imam Muslim amat pakar dalam
bidang ini, beliau mengetahui nama-nama, gelaran keturunan dan sejarah serta
kematian dengan keilmuan pengetahuan yang tinggi serta terperinci.
|
3
|
Jarah dan Ta'dil
|
Ilmu ini adalah kritikan terhadap perawi hadis dan
membezakan antara yang dapat dipercayai (Siqah) dengan yang Dhaif. Sesiapa
yang ingin memisahkan antara hadis Sahih dan Dhaif tidak akan mampu kecuali
setelah mendalami ilmu ini secara terperinci. Imam Muslim adalah orang yang
paling mahir dalam bidang ini, membahasakan ilmu meriwayat hadis, ilmu Jarah
dan Ta'dil. Beliau juga menyatakan mengenainya dalam pendahuluan kitab sahih.
|
4
|
Kaji Selidik Hadis
|
Imam Muslim amat mendalami dan memahami ilmu ini
serta mengerti bahasa yang sulit. beliau berpegang kepada kefahaman yang
tepat, pengetahuan tentang sunah-sunah dan Athar. Imam Muslim dianggap antara
orang yang terkemuka dikalangan pakar ilmu tersebut. Beliau banyak berbincang
dan mengkaji dalam bidang ini dengan baik, tepat dan kemas serta sempurna
malah banyak karangan beliau yang amat bernilai dalam bidang ini.
|
KARANGAN
KARANGAN
|
Imam Muslim menulis dan mengarang berkenaan dengan ilmu Hadis dari apa yang Allah s.w.t kekalkan kepadanya dengan ingatan yang baik sepanjang masa. Sebahagian daripada karangan beliau telah sampai kepada kita dan sebahagian lagi tidak sampai kerana susunannya telah hilang.
Karangan Yang Telah Sampai Kepada Kita.
|
1. Sahih Muslim.
Merupakan kitabnya yang terbesar dan dimanfaatkan kepada semua, bahkan kitab itu juga merupakan karangannya yang terbesar di dalam islam selepas Sahih Bukhari. Kemudian hadis-hadis darinya diasingkan pada juzuk yang selanjutnya pada takrif-takrif.
2. Al-Kunni Wal Asmak.
Telah dicetak.
3. Al- Munfaridat Wal Wihdan.
Telah dicetak.
4. At-Tabaqat.
Masih dalam keadaan kitab tulisan tangan yang belum dicetak.
5. Rijal Urwah bin Az-Zubair.
Masih dalam keadaan kitab tulisan tangan yang belum dicetak.
6. At-Tamyiz.
Dicetak hanya sebahagian daripadanya sahaja.
Karangan Yang Tidak Sampai Kepada Kita dan Telah
Hilang Penyusunannya.
|
1. Al-Musnad Al-Kabir, Ala Ar-Rijal. Tiada seorang pun yang mendengarnya daripada Imam Muslim.
2. Jamik Al-Kabir, Alal Abwab : Al-Hakam berkata, "Aku melihat setengahnya masih belum ditulis".
3. Al-llal.
4. Al-Ifrad. Harus beliau sendiri yang membuat kitabnya sebagai Al-Munfaridat Wal Wihdan.
5. Al-Iqran.
6. Suaalaatuhu Ahmad bin Hambal.
7. Hadis Amru bin Syuaib.
8. Al-Intifa' Bi Ahabbi As-Siba'.
9. Masyayikh Malik
10. Masyayikh At-Thauri.
11. Masyayikh Syukbah.
12. Man Laisa Lahu Illa Rawin Wahidin.
13. Kitab Al-Mukhdaramin.
14. Aulaad As-Sahabat.
15. Zikru Auham Al-Muhaddisin.
16. Afrad As-Syamiyyin.
Mengenal Imam Muslim
Kita semua
tentu mengetahui bahwa sumber hukum utama dalam Islam adalah Al Qur’an dan
hadits Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam. Tentang Al Qur’an, tentu
tidak perlu diragukan lagi kebenaran dan keontetikannya. Namun berkaitan dengan
hadits Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam, banyak sekali upaya dari
musuh-musuh Islam serta orang-orang munafik yang ingin merancukan ajaran Islam
dengan membuat hadits palsu, yaitu hadits yang diklaim sebagai ucapan
Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam padahal sebenarnya bukan. Seperti
Abdul Karim bin Abi Auja’, ia mengaku perbuatannya sebelum ia dihukum mati
dengan berkata: “Demi Allah, aku telah memalsukan hadits sebanyak 4000 hadits.
Saya halalkan yang haram dan saya haramkan yang halal”. Namun alhamdulillah,
Allah Ta’ala menjaga kemurnian agama-Nya dengan memunculkan para ulama
pakar hadits yang berupaya memisahkan hadits shahih dengan hadits lemah dan
palsu. Dan upaya ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan selesai dalam sekejap.
Bahkan memerlukan penelitian yang panjang, ketelitian yang tajam, kecerdasan
akal yang tinggi, hafalan yang kokoh, serta pemahaman yang mantap terhadap Al
Qur’an dan hadits. Maka seorang muslim yang memahami hal ini sepatutnya ia
menghargai dan bahkan kagum atas jasa para pakar hadits umat Islam yang telah
memberikan kontribusi besar bagi agama ini.
Dan diantara
para ulama pakar hadits yang telah diakui kemampuannya dan sangat besar
jasanya, ada satu nama yang sudah cukup dikenal oleh kita semua yaitu Imam Muslim dengan
kitab haditsnya yang terkenal yaitu Kitab Shahih Muslim. Kitab Shahih
Muslim dikatakan oleh Imam An Nawawi sebagai salah satu kitab yang paling
shahih -setelah Al Qur’an- yang pernah ada. Sampai-sampai ketika seseorang
menuliskan hadits yang ada di kitab tersebut, atau dengan tanda pada akhir
hadits berupa perkataan: “Hadits riwayat Muslim”, orang yang membaca merasa
tidak perlu mengecek kembali atau meragukan keshahihan hadits tersebut. Subhanallah.
Oleh karena itu, patutlah kita sebagai seorang muslim untuk mengenal lebih
dalam sosok mulia di balik kitab tersebut, yaitu Imam Muslim, semoga Allah
merahmati beliau.
Nasab
dan Kelahiran Imam Muslim
Nama lengkap
beliau adalah Abul Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al
Qusyairi An Naisaburi. Al Qusyairi di sini merupakan nisbah terhadap nasab
(silsilah keturunan) dan An Naisaburi merupakan nisbah terhadap tempat
kelahiran beliau, yaitu kota Naisabur, bagian dari Persia yang sekarang manjadi
bagian dari negara Rusia. Tentang Al Qusyairi, seorang pakar sejarah,
‘Izzuddin Ibnu Atsir, dalam kitab Al Lubab Fi Tahzibil Ansab (37/3)
berkata: “Al Qusyairi adalah nisbah terhadap keturunan Qusyair bin Ka’ab bin
Rabi’ah bin ‘Amir bin Sha’sha’ah, yang merupakan sebuah kabilah besar. Banyak
para ulama yang menisbahkan diri padanya”.
Para ahli
sejarah Islam berbeda
pendapat mengenai waktu lahir dan wafat Imam Muslim. Ibnu Hajar Al Asqalani
dalam Taqribut Tahdzib (529), Ibnu Katsir dalam Al Bidayah Wan
Nihayah (35-34/11), Al Khazraji dalam Khulashoh Tahdzibul Kamal
mengatakan bahwa Imam Muslim dilahirkan pada tahun 204 H dan wafat pada tahun
261 H. Namun pendapat yang paling kuat adalah bahwa beliau dilahirkan pada
tahun 206 H dan wafat pada tahun 261 H di Naisabur, sehingga usia beliau pada
saat wafat adalah 55 tahun. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Abu Abdillah Al
Hakim An Naisaburi dalam kitab Ulama Al Amshar, juga disetujui An Nawawi
dalam Syarh Shahih Muslim (123/1).
Perjalanan
Imam Muslim Dalam Belajar Hadits
Imam Muslim
tumbuh sebagai remaja yang giat belajar agama. Bahkan saat usianya masih sangat
muda beliau sudah menekuni ilmu hadits. Dalam kitab Siyar ‘Alamin Nubala
(558/12), pakar hadits dan sejarah, Adz Dzahabi, menuturkan bahwa Imam Muslim
mulai belajar hadits sejak tahun 218 H. Berarti usia beliau ketika itu adalah
12 tahun. Beliau melanglang buana ke beberapa Negara dalam rangka menuntut ilmu
hadits dari mulai Irak, kemudian ke Hijaz, Syam, Mesir dan negara lainnya.
Dalam Tahdzibut Tahdzib diceritakan bahwa Imam Muslim paling banyak
mendapatkan ilmu tentang hadits dari 10 orang guru yaitu:
- Abu Bakar bin Abi Syaibah, beliau belajar 1540 hadits.
- Abu Khaitsamah Zuhair bin Harab, beliau belajar 1281 hadits.
- Muhammad Ibnul Mutsanna yang dijuluki Az Zaman, beliau belajar 772 hadits.
- Qutaibah bin Sa’id, beliau belajar 668 hadits.
- Muhammad bin Abdillah bin Numair, beliau belajar 573 hadits.
- Abu Kuraib Muhammad Ibnul ‘Ila, beliau belajar 556 hadits.
- Muhammad bin Basyar Al Muqallab yang dijuluki Bundaar, beliau belajar 460 hadits.
- Muhammad bin Raafi’ An Naisaburi, beliau belajar 362 hadits.
- Muhammad bin Hatim Al Muqallab yang dijuluki As Samin, beliau belajar 300 hadits.
- ‘Ali bin Hajar As Sa’di, beliau belajar 188 hadits.
Sembilan
dari sepuluh nama guru Imam Muslim tersebut, juga merupakan guru Imam Al
Bukhari dalam mengambil hadits, karena Muhammad bin Hatim tidak termasuk. Perlu
diketahui, Imam Muslim pun sempat berguru ilmu hadits kepada Imam Al Bukhari.
Ibnu Shalah dalam kitab Ulumul Hadits berkata: “Imam Muslim memang
belajar pada Imam Bukhari dan banyak mendapatkan faedah ilmu darinya. Namun
banyak guru dari Imam Muslim yang juga merupakan guru dari Imam Bukhari”. Hal
inilah yang menjadi salah satu sebab Imam Muslim tidak meriwayatkan hadits dari
Imam Al Bukhari.
Ada
Apa Antara Al Bukhari dan Muslim?
Imam Al
Bukhari adalah salah satu guru dari Imam Muslim yang paling menonjol. Dari
beliau, Imam Muslim mendapatkan banyak pengetahuan tentang ilmu hadits serta
metodologi dalam memeriksa keshahihan hadits. Al Hafidz Abu Bakar Al Khatib Al
Baghdadi dalam kitabnya Tarikh Al Baghdadi sampai menceritakan: “Muslim
telah mengikuti jejak Al Bukhari, mengembangkan ilmunya dan mengikuti
metodologinya. Ketika Al Bukhari datang ke Naisabur di masa akhir hidupnya.
Imam Muslim belajar dengan intens kepadanya dan selalu membersamainya”.
Hubungan beliau berdua pun dijelaskan oleh Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Syarah
Nukhbatul Fikr, beliau berkata: “Para ulama bersepakat bahwa Al Bukhari
lebih utama dari Muslim, dan Al Bukhari lebih dikenal kemampuannya dalam
pembelaan hadits. Karena Muslim adalah murid dan hasil didikan Al Bukhari.
Muslim banyak mengambil ilmu dari Al Bukhari dan mengikuti jejaknya,
sampai-sampai Ad Daruquthni berkata: ‘Seandainya tidak ada Al Bukhari, niscaya
tidak ada Muslim’ ”.
Lalu apa
yang menyebabkan Imam Muslim tidak meriwayatkan hadits dari Imam Bukhari?
Sehingga dalam Shahih Muslim tidak ada hadits yang sanadnya dimulai
dengan “ ‘An Al Bukhari…(Diriwayatkan dari Al Bukhari)”. Dijawab oleh Syaikh
Abdul Muhsin Al Abbad hafizhahullah, beliau menuturkan: “Walau Imam
Muslim merupakan murid dari Imam Al Bukhari dan Imam Muslim mendapatkan banyak
ilmu dari beliau, Imam Muslim tidak meriwayatkan satu pun hadits dari Imam Al
Bukhari. WallahuTa’ala A’lam, ini dikarenakan oleh dua hal:
- Imam Muslim menginginkan uluwul isnad (sanad yang tinggi derajatnya). Imam Muslim memiliki banyak guru yang sama dengan guru Imam Al Bukhari. Jika Imam Muslim meriwayatkan dari Al Bukhari, maka sanad akan bertambah panjang karena bertambah satu orang rawi yaitu (Al Bukhari). Imam Muslim menginginkan uluwul isnad dan sanad yang dekat jalurnya dengan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sehingga beliau meriwayatkan langsung dari guru-gurunya yang juga menjadi guru Imam Al Bukhari
- Imam Muslim merasa prihatin dengan sebagian ulama yang mencampur-adukkan hadits-hadits lemah dengan hadits-hadits shahih tanpa membedakannya. Maka beliau pun mengerahkan daya upaya untuk memisahkan hadits shahih dengan yang lain, sebagaimana beliau utarakan di Muqaddimah Shahih Muslim. Jika demikian, maka sebagian hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari telah dianggap cukup dan tidak perlu diulang lagi. Karena Al Bukhari juga sangat perhatian dalam mengumpulkan hadits-hadits shahih dengan ketelitian yang tajam dan pengecekan yang berulang-ulang”
Murid-Murid
Imam Muslim
Banyak ulama
besar yang merupakan murid dari Imam Muslim dalam ilmu
hadits, sebagaimana di ceritakan dalam Tahdzibut Tahdzib. Diantaranya
adalah Abu Hatim Ar Razi, Abul Fadhl Ahmad bin Salamah, Ibrahim bin Abi Thalib,
Abu ‘Amr Al Khoffaf, Husain bin Muhammad Al Qabani, Abu ‘Amr Ahmad Ibnul
Mubarak Al Mustamli, Al Hafidz Shalih bin Muhammad, ‘Ali bin Hasan Al Hilali,
Muhammad bin Abdil Wahhab Al Faraa’, Ali Ibnul Husain Ibnul Junaid, Ibnu
Khuzaimah, dll.
Selain itu,
sebagian ulama memasukkan Abu ‘Isa Muhammad At Tirmidzi dalam jajaran
murid Imam Muslim, karena terdapat sebuah hadits dalam Sunan At Tirmidzi:
Øدثنا مسلم
بن Øجاج Øدثنا ÙŠØÙŠ بن ÙŠØÙŠ Øدثنا أبو معاوية عن Ù…Øمد بن عمرو عن أبي سلمة عن أبي
هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:” Ø£Øصوا هلال شعبان
لرمضان”
Muslim bin
Hajjaj menuturkan kepada kami: Yahya bin Yahya menuturkan kepada kami: Abu Mu’awiyah
menuturkan kepada kami: Dari Muhammad bin ‘Amr: Dari Abu Salamah: Dari Abu
Hurairah Radhiallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi
Wasallam bersabda: “Untuk menentukan datangnya Ramadhan, hitunglah hilal
bulan Sya’ban”.
Dalam hadits
tersebut nampak bahwa At Tirmidzi meriwayatkan dari Imam Muslim. Terdapat
penjelasan Al Iraqi dalam Tuhfatul Ahwadzi Bi Syarhi Jami’ At Tirmidzi:
“At Tirmidzi tidak pernah meriwayatkan hadits dari Muslim kecuali hadits ini.
Karena mereka berdua memiliki guru-guru yang sama sebagian besarnya”.
Karya
Tulis Imam Muslim
Imam An
Nawawi menceritakan dalam Tahdzibul Asma Wal Lughat bahwa Imam Muslim
memiliki banyak karya tulis, diantaranya:
- Kitab Shahih Muslim (sudah dicetak)
- Kitab Al Musnad Al Kabir ‘Ala Asma Ar Rijal
- Kitab Jami’ Al Kabir ‘Ala Al Abwab
- 4. Kitab Al ‘Ilal
- Kitab Auhamul Muhadditsin
- Kitab At Tamyiz (sudah dicetak)
- Kitab Man Laisa Lahu Illa Rawin Wahidin
- Kitab Thabaqat At Tabi’in (sudah dicetak)
- Kitab Al Muhadramain
Kemudian Adz
Dzahabi pun menambahkan dalam Tahdzibut Tahdzib bahwa Imam Muslim juga
memiliki karya tulis lain yaitu:
- Kitab Al Asma Wal Kuna (sudah dicetak)
- Kitab Al Afrad
- Kitab Al Aqran
- Kitab Sualaat Ahmad bin Hambal
- Kitab Hadits ‘Amr bin Syu’aib
- Kitab Al Intifa’ bi Uhubis Siba’
- Kitab Masyaikh Malik
- Kitab Masyaikh Ats Tsauri
- Kitab Masyaikh Syu’bah
- Kitab Aulad Ash Shahabah
- Kitab Afrad Asy Syamiyyin
Mata
Pencaharian Imam Muslim
Imam Muslim
termasuk diantara para ulama yang menghidupi diri dengan berdagang. Beliau
adalah seorang pedagang pakaian yang sukses. Meski demikian, beliau tetap
dikenal sebagai sosok yang dermawan. Beliau juga memiliki sawah-sawah di daerah
Ustu yang menjadi sumber penghasilan keduanya. Tentang mata pencaharian
beliau diceritakan oleh Al Hakim dalam Siyar ‘Alamin Nubala (570/12):
“Tempat Imam Muslim berdagang adalah Khan Mahmasy. Dan mata
pencahariannya beliau di dapat dari usahanya di Ustu[1]”. Dalam Tahdzibut
Tahdzib hal ini pula diceritakan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab Al Farra:
“Muslim Ibnul Hajjaj adalah salah satu ulama besar…. Dan ia adalah seorang
pedagang pakaian”. Dalam kitab Al ‘Ubar fi Khabar min Ghabar (29/2)
terdapat penjelasan: “Imam Muslim adalah seorang pedagang. Dan ia terkenal
sebagai dermawan di Naisabur. Ia memiliki banyak budak dan harta”.
Karakter
Fisik Imam Muslim
Terdapat
beberapa riwayat yang menceritakan karakter fisik Imam Muslim. Dalam Siyar
‘Alamin Nubala (566/12) terdapat riwayat dari Abu Abdirrahman As Salami, ia
berkata: “Aku melihat seorang syaikh yang tampan wajahnya. Ia memakai rida[2] yang bagus. Ia memakai imamah[3] yang
dijulurkan di kedua pundaknya. Lalu ada orang yang mengatakan: ‘Ini Muslim’ ”.
Juga diceritakan dari Siyar ‘Alamin Nubala (570/12), bahwa Al Hakim
mendengar ayahnya berkata: “Aku pernah melihat Muslim Ibnul Hajjaj sedang
bercakap-cakap di Khan Mahmasy. Ia memiliki perawakan yang sempurna dan
kepalanya putih. Janggutnya memanjang ke bawah di sisi imamah-nya yang
terjulur di kedua pundaknya”.
Aqidah
Imam Muslim
Imam Muslim
adalah ulama besar yang memiliki aqidah ahlussunnah, sebagaimana aqidah
generasi salafus shalih. Dengan kata lain Imam Muslim adalah seorang salafy.
Aqidah beliau ini nampak pada beberapa hal:
- Perkataan Imam Muslim di muqaddimah Shahih Muslim (6/1) : “Ketahuilah wahai pembaca, semoga Allah memberi anda taufik, wajib bagi setiap orang untuk membedakan hadits shahih dengan hadits yang lemah. Juga wajib mengetahui tingkat kejujuran rawi, yang sebagian mereka diragukan kredibilitasnya. Tidak boleh mengambil riwayat kecuali dari orang yang diketahui bagus kredibilitasnya dan hafalannya. Serta patut untuk berhati-hati dari orang-orang yang buruk kredibilitasnya, yang berasal dari tokoh kesesatan dan ahli bid’ah”. Diceritakan pula di dalam Syiar ‘Alamin Nubala (568/12) bahwa Al Makki berkata: “Aku bertanya kepada Muslim tentang Ali bin Ju’d. Muslim berkata: ‘Ia tsiqah, namun ia berpemahaman Jahmiyyah’”. Hal ini menunjukkan Imam Muslim sangat membenci paham sesat dan bid’ah semisal paham Jahmiyyah, serta tidak mengambil riwayat dari tokoh-tokohnya. Dan demikianlah aqidah ahlussunnah.
- Imam Muslim memulai kitab Shahih Muslim dengan Bab Iman, dan dalam bab tersebut beliau memasukkan hadits-hadits yang menetapkan aqidah Ahlussunnah dalam banyak permasalahan, seperti hadits-hadits yang membantah Qadariyyah, Murji’ah, Khawarij, Jahmiyyah, dan semacam mereka, beliau juga ber-hujjah dengan hadits ahad, terdapat juga bab khusus yang berisi hadits-hadits tentang takdir.
- Judul-judul bab pada Shahih Muslim seluruhnya sejalan dengan manhaj Ahlussunnah dan merupakan bencana bagi ahlul bid’ah.
- Abu Utsman Ash Shabuni dalam kitabnya, I’tiqad Ahlissunnah Wa Ash-habil Hadits halaman 121 – 123, yaitu diakhir-akhir kitabnya, beliau menyebutkan nama-nama imam Ahlussunnah Wal Jama’ah dan beliau menyebutkan di antaranya Imam Muslim Ibnul Hajjaj.
- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam kitab Dar’u Ta’arudh il ‘Aql Wan Naql (36/7) berkata: “Para tokoh filsafat dan ahli bid’ah, pengetahuan mereka tentang hadits Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam serta atsar para sahabat dan tabi’in sangatlah sedikit. Sebab jika memang diantara mereka ada orang yang memahami sunah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam serta atsar para sahabat dan tabi’in serta tidak berprasangka baik pada hal-hal yang menentang sunah, tentulah ia tidak akan bergabung bersama mereka, seperti sikap yang ditempuh para ahlul hadits. Lebih lagi jika ia mengetahui rusaknya pemahaman filsafat dan bid’ah tersebut, sebagaimana para imam Ahlussunnah mengetahuinya. Dan biasanya kerusakan pemahaman mereka tersebut tidak diketahui selain oleh para imam sunah seperti Malik (kemudian disebutkan nama-nama beberapa imam)… dan juga Muslim Ibnul Hajjaj An Naisaburi, dan para imam yang lainnya, tidak ada yang dapat menghitung jumlahnya kecuali Allah, merekalah pewaris para nabi dan penerus tugas Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam”
- Adz Dzahabi dalam kitab Al ‘Uluw (1184/2) menyebutkan: “Diantara deretan ulama yang berkeyakinan tidak bolehnya menta’wilkan sifat-sifat Allah dan mereka beriman dengan sifat Al ‘Uluw di masa itu adalah (disebutkan nama-nama beberapa ulama)… dan juga Al Imam Al Hujjah Muslim Ibnul Hajjaj Al Qusyairi yang menulis kitab Shahih Muslim.”
- Al ‘Allamah Muhammad As Safarini dalam kitab Lawami’ul Anwaril Bahiyyah Wa Sawati’ul Asrar Al Atsariyyah (22/1) ketika menyebutkan nama-nama para ulama ahlussunnah ia menyebutkan: “…Muslim, Abu Dawud, ….”. Kemudian beliau berkata: “dan yang lainnya, mereka semua memiliki aqidah yang sama yaitu aqidah salafiyyah atsariyyah”.
- Dalam Majmu’ Fatawa (39/20) diceritakan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah ditanya seseorang: “Apakah Al Bukhari, Muslim, … (disebutkan beberapa nama ulama) termasuk ulama mujtahidin yang tidak taklid ataukah mereka termasuk orang-orang yang taklid pada imam tertentu? Apakah diantara mereka ada yang menisbatkan diri kepada mazhab Hanafi?”. Syaikhul Islam menjawab panjang lebar, dan pada akhir jawabannya beliau berkata: “Mereka semua adalah para pengagung sunnah dan pengagung hadits”.
- Lebih menegaskan beberapa bukti diatas, bahwa Imam Muslim adalah hasil didikan dari para ulama Ahlussunnah seperti Imam Ahmad, Ishaq bin Rahawaih, Imam Al Bukhari, Abu Zur’ah, dan yang lainnya. Dan telah diketahui bagaimana peran mereka dalam memperjuangkan sunah, dan sikap keras mereka terhadap ahli bid’ah, sampai-sampai ahli bi’dah tidak mendapat tempat di majelis-majelis mereka.
Mazhab
Fiqih Imam Muslim
Jika kita
memperhatikan nama-nama kitab yang ditulis oleh Imam Muslim, hampir semuanya
membahas seputar ilmu hadits dan cabang-cabangnya. Hal ini juga ditemukan pada
kebanyakan ulama ahli hadits yang lain di zaman tersebut. Akibatnya, kita tidak
dapat mengetahui dengan jelas mazhab fiqih mana yang mereka adopsi. Padahal
kita semua tahu bahwa Imam Muslim dan para ulama hadits di zamannya juga
sekaligus merupakan ulama besar dalam bidang fiqih, sebagaimana Al Bukhari dan
Imam Ahmad. Dan jika kita memperhatikan kitab Shahih Muslim, bagaimana
metode Imam Muslim membela hadits, bagaimana penyusunan urutan pembahasan yang
beliau buat, memberikan isyarat bahwa beliau pun seorang ahli fiqih yang
memahami perselisihan fiqih diantara para ulama. Oleh karena itulah Al Hafidz
Ibnu Hajar dalam kitab At Taqrib (529) mengatakan: “Muslim bin Hajjaj
adalah ahli fiqih”.
Namun ada
beberapa pendapat tentang mazhab fiqih Imam Muslim. Di antaranya sebagaimana
diutarakan Haji Khalifah dalam kitab Kasyfuz Zhunun (555/1) ketika
menyebut nama Imam Muslim: “Muslim Ibnul Hajjah Al Qusyairi An Naisaburi Asy
Syafi’i”. Shiddiq Hasan Khan juga mengamini hal tersebut dalam kitabnya Al
Hithah (198). Namun pendapat ini perlu diteliti ulang. Karena terdapat
beberapa indikasi yang dijadikan dasar oleh sebagian ulama untuk mengatakan
bahwa Imam Muslim bermazhab Hambali. Diantara, indikasi tersebut
misalnya Imam Muslim memiliki kitab yang berjudul Sualaat Ahmad bin Hambal. Selain
itu Imam Muslim pun berguru pada Imam Ahmad dan mengambil hadits darinya.
Diceritakan dalam Thabaqat Al Hanabilah (413/2) bahwa Imam Muslim juga
memuji Imam Ahmad dengan mengatakan: “Imam Ahmad adalah salah satu ulama Huffadzul
Atsar (punggawa ilmu hadits)”. Namun semua bukti ini juga tidak menunjukkan
dengan pasti bahwa beliau berpegang pada mahzab Hambali.
Pendapat
yang benar adalah bahwa Imam Muslim berpegang pada mahzab Ahlul Hadits
dan tidak taklid pada salah satu imam mazhab. Sebagaimana
diterangkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di Majmu’ Fatawa (39/20):
“Adapun Al Bukhari dan Abu Dawud, mereka berdua adalah imam mujtahid
dalam fiqih. Sedangkan Muslim, At Tirmidzi, An Nasai, Ibnu Majah, Ibnu
Khuzaimah, Abu Ya’la, Al Bazzar dan yang semisal mereka, semuanya berpegang
pada mahzab Ahlul Hadits dan tidak taklid terhadap salah satu imam
mahzab. Mereka juga tidak termasuk imam mujtahid dalam fiqih secara
mutlak. Namun terkadang dalam fiqih mereka memiliki kecenderungan untuk
mengambil pendapat ulama Ahlul Hadits seperti Asy Syafi’i, Ahmad, Ishaq, Abu
‘Ubaid, dan yang semisal mereka”
Pujian
Para Ulama
Kedudukan
Imam Muslim diantara pada ulama Islam tergambar dari banyaknya pujian yang
dilontarkan kepada beliau. Pujian datang dari guru-gurunya, orang-orang
terdekatnya, murid-muridnya juga para ulama yang hidup sesudahnya. Dalam Tarikh
Dimasyqi (89/58), diceritakan bahwa Muhammad bin Basyar, salah satu guru
Imam Muslim, berkata: “Ada empat orang yang hafalan hadits-nya paling hebat di
dunia ini: Abu Zur’ah dari Ray, Muslim Ibnul Hajjaj dari Naisabur, Abdullah bin
Abdirrahman Ad Darimi dari Samarkand, dan Muhammad bin Ismail dari Bukhara”.
Ahmad bin
Salamah dalam Tarikh Baghdad (102-103/13) berkata: “Aku melihat Abu
Zur’ah dan Abu Hatim Ar Razi mengutamakan pendapat Muslim dalam mengenali
keshahihan hadits dibanding para masyaikh lain di masa mereka hidup”.
Diceritakan
dalam Tarikh Dimasyqi (89/58), Ishaq bin Mansur Al Kausaz berkata kepada
Imam Muslim: “Kami tidak akan kehilangan kebaikan selama Allah masih
menghidupkan engkau di kalangan muslimin”.
Dalam Tadzkiratul
Huffadz, Adz Dzahabi juga memuji Imam Muslim dengan sebutan: “Muslim Ibnul
Hajjaj Al Imam Al Hafidz Hujjatul Islam”.
Imam An
Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim berkata: “Para ulama sepakat tentang
keagungan Imam Muslim, keimamannya, peran besarnya dalam ilmu hadits,
kepandaiannya dalam menyusun kitab ini, keutamaannya dan kekuatan hujjah-nya”.
Wafatnya
Imam Muslim
Diceritakan
oleh Ibnu Shalah dalam kitab Shiyanatu Muslim (1216) bahwa wafatnya Imam
Muslim disebabkan hal yang tidak biasa, yaitu dikarenakan kelelahan pikiran
dalam menelaah ilmu. Kemudian disebutkan kisah wafatnya dari riwayat Ahmad bin
Salamah: “Abul Husain Muslim ketika itu mengadakan majelis untuk mengulang
hafalan hadits. Lalu disebutkan kepadanya sebuah hadits yang ia tidak ketahui.
Maka beliau pun pergi menuju rumahnya dan langsung menyalakan lampu. Beliau
berkata pada orang yang berada di dalam rumah: ‘Sungguh, jangan biarkan orang
masuk ke rumah ini’. Kemudian ada yang berkata kepadanya: ‘Maukah engkau kami
hadiahkan sekeranjang kurma?’. Beliau menjawab: ‘(Ya) Berikan kurma-kurma itu
kepadaku’. Kurma pun diberikan. Saat itu ia sedang mencari sebuah hadits.
Beliau pun mengambil kurma satu persatu lalu mengunyahnya. Pagi pun datang dan
kurma telah habis, dan beliau menemukan hadits yang dicari”. Al Hakim
mengatakan bahwa terdapat tambahan tsiqah pada riwayat ini yaitu: “Sejak
itu Imam Muslim sakit kemudian wafat”. Riwayat ini terdapat pada kitab Tarikh
Baghdadi (103/13), Tarikh Dimasyqi (94/58), dan Tahdzibul Kamal
(506/27). Beliau wafat pada waktu di hari Ahad, dan dimakamkan pada hari Senin,
5 Rajab 261 H.
Semoga Allah
senantiasa merahmati beliau. Namanya begitu harum mewangi hingga hari ini,
sungguh ini merupakan buah dari perjuangan berat nan mulia. Semoga Allah
menerima amal beliau yang mulia dan membalasnya dengan yang lebih baik di hari
dimana tidak ada pertolongan kecuali pertolongan Allah.
Kita memohon
kepada Allah agar ditengah-tengah kaum muslimin dimunculkan orang semisal
beliau, yang memiliki perhatian besar dan semangat tinggi untuk menjaga agama
Allah dan menyebarkannya di tengah kaum muslimin. Mudah-mudahan Allah
mengumpulkan kita bersama beliau di Jannah-Nya kelak.
[Disarikan
dari kitab At Ta’rif Bil Imam Muslim Wa Kitabihi Ash Shahih karya Syaikh
Abdurrahman bin Shalih As Sudais, dan artikel dari Majalah Universitas Islam
Madinah yang berjudul Al Imam Muslim Wa Shahihuhu, Syaikh Abdul Muhsin
bin Hamd Al Abbad, dengan beberapa tambahan]
Penulis:
Yulian Purnama
Artikel www.muslim.or.id
[3] Kain yang biasa dipakai laki-laki
untuk menutupi kepala, semacam sorban
Metode Imam Muslim dalam Menulis Kitab Hadist
Mengenai metode penyusunan hadits, Imam Muslim menerapkan prinsip-prinsip ilmu jarh, dan ta’dil, yakni
suatu ilmu yang digunakan untuk menilai cacat tidaknya suatu hadits. Beliau juga menggunakan sighat at tahammul
(metode-metode penerimaan riwayat), seperti haddasani (menyampaikan kepada
saya), haddasana (menyampaikan kepada kami), akhbarana (mengabarkan kepada
saya), akhabarana (mengabarkan kepada kami), dan qaalaa (ia berkata).
Imam Muslim menjadi orang kedua terbaik dalam masalah ilmu hadits (sanad, matan, kritik, dan seleksinya) setelah Imam Bukhari. “Di dunia ini orang yang benar-benar ahli di bidang hadits hanya empat orang; salah satu di antaranya adalah Imam Muslim,” komentar ulama besar Abu Quraisy Al Hafizh. Maksud ungkapan itu tak lain adalah ahli-ahli
hadits terkemuka yang hidup di masa Abu Quraisy.
Referring links:
Sejarah Imam Muslim
Sejarah Imam Muslim
Biografi, Perjalanan Intelektual, dan Karya-Karya Imam Muslim
Nama lengkap beliau adalah Abul
Hasan Muslim bin Hajjaj bin Muslim bin Warad bin Kausyaz Al Qusyairi An
Naisaburi. Al Qusyairi di sini merupakan nisbah terhadap nasab (silsilah
keturunan) dan An Naisaburi merupakan nisbah terhadap tempat kelahiran beliau,
yaitu kota Naisabur, bagian dari Persia yang sekarang manjadi bagian dari
negara Rusia. Tentang Al Qusyairi, seorang pakar sejarah, ‘Izzuddin Ibnu
Atsir, dalam kitab Al Lubab Fi Tahzibil Ansab (37/3) berkata: “Al
Qusyairi adalah nisbah terhadap keturunan Qusyair bin Ka’ab bin Rabi’ah bin
‘Amir bin Sha’sha’ah, yang merupakan sebuah kabilah besar. Banyak para ulama
yang menisbahkan diri padanya”.
Para ahli sejarah Islam berbeda
pendapat mengenai waktu lahir dan wafat Imam Muslim. Ibnu Hajar Al Asqalani
dalam Taqribut Tahdzib (529), Ibnu Katsir dalam Al Bidayah Wan Nihayah
(35-34/11), Al Khazraji dalam Khulashoh Tahdzibul Kamal mengatakan
bahwa Imam Muslim dilahirkan pada tahun 204 H dan wafat pada tahun 261 H. Namun
pendapat yang paling kuat adalah bahwa beliau dilahirkan pada tahun 206 H dan
wafat pada tahun 261 H di Naisabur, sehingga usia beliau pada saat wafat adalah
55 tahun. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Abu Abdillah Al Hakim An Naisaburi
dalam kitab Ulama Al Amshar, juga disetujui An Nawawi dalam Syarh
Shahih Muslim (123/1).[1][13]
Sejak usia dini, atau ketika usianya
kurang dari lima belas tahun, beliau telah berkonsentrasi mempelajari hadits.
Pada tahun 218 H, beliau mulai belajar hadits. Saat berusia sepuluh tahun, Imam
Muslim sering datang dan berguru pada seorang ahli hadits, yaitu Imam Ad
Dakhili. Setahun kemudian, beliau mulai menghafal hadits Nabi SAW, dan mulai
berani mengoreksi kesalahan dari gurunya yang salah menyebutkan periwayatan
hadits. Selain kepada Ad Dakhili, Imam Muslim pun berpindah antar daerah untuk
bertanya kepada banyak ulama untuk mencari silsilah dan urutan yang benar
sebuah hadits. Di Khurasan, beliau berguru kepada Yahya bin Yahya dan Ishak bin
Rahawaih; di Ray beliau berguru kepada Muhammad bin Mahran dan Abu ‘Ansan. Di
Irak beliau belajar hadits kepada Ahmad bin Hanbal dan Abdullah bin Maslamah;
di Hijaz beliau belajar kepada Sa’id bin Mansur dan Abu Mas ‘Abuzar; di Mesir
beliau berguru kepada ‘Amr bin Sawad dan Harmalah bin Yahya, dan ulama ahli
hadits lainnya.
Bagi Imam Muslim, Baghdad memiliki
arti tersendiri. Di kota inilah beliau berkali-kali berkunjung untuk belajar
kepada ulama-ulama ahli hadits. Kunjungannya yang terakhir beliau lakukan pada
tahun 259 H. Ketika Imam Bukhari datang ke Naisabur, Imam Muslim sering
mendatanginya untuk bertukar pikiran sekaligus berguru padanya. Saat itu, Imam
Bukhari yang memang lebih senior, lebih menguasai ilmu hadits ketimbang
dirinya.
Imam Muslim dalam kitab shahihnya
maupun kitab-kitab lainnya tidak memasukkan hadits-hadits yang diterima dari Az
Zihli, padahal beliau adalah gurunya. Hal serupa juga beliau lakukan terhadap
Bukhari. Tampaknya bagi Imam Muslim tak ada pilihan lain kecuali tidak
memasukkan ke dalam Kitab Shahihnya hadits-hadits yang diterima dari kedua
gurunya itu. Kendatipun demikian, dirinya tetap mengakui mereka sebagai gurunya.[2][14]
Diceritakan oleh Ibnu
Shalah dalam kitab Shiyanatu Muslim (1216) bahwa wafatnya Imam Muslim
disebabkan hal yang tidak biasa, yaitu dikarenakan kelelahan pikiran dalam
menelaah ilmu. Kemudian disebutkan kisah wafatnya dari riwayat Ahmad bin Salamah: “Abul
Husain Muslim ketika itu mengadakan majelis untuk mengulang hafalan hadits.
Lalu disebutkan kepadanya sebuah hadits yang ia tidak ketahui. Maka beliau pun
pergi menuju rumahnya dan langsung menyalakan lampu. Beliau berkata pada orang
yang berada di dalam rumah: ‘Sungguh, jangan biarkan orang masuk ke rumah ini’.
Kemudian ada yang berkata kepadanya: ‘Maukah engkau kami hadiahkan sekeranjang
kurma?’. Beliau menjawab: ‘(Ya) Berikan kurma-kurma itu kepadaku’. Kurma pun
diberikan. Saat itu ia sedang mencari sebuah hadits. Beliau pun mengambil kurma
satu persatu lalu mengunyahnya. Pagi pun datang dan kurma telah habis, dan
beliau menemukan hadits yang dicari”. Al Hakim mengatakan bahwa terdapat tambahan tsiqah
pada riwayat ini yaitu: “Sejak itu Imam Muslim sakit kemudian wafat”. Riwayat
ini terdapat pada kitab Tarikh Baghdadi (103/13), Tarikh Dimasyqi
(94/58), dan Tahdzibul Kamal (506/27). Beliau wafat pada waktu di hari
Ahad, dan dimakamkan pada hari Senin, 5 Rajab 261 H.[3][15]
Karya-Karya Imam Muslim
Imam Muslim yang dikenal sangat tawadhu’
dan wara’ dalam ilmu itu telah meriwayatkan puluhan ribu hadits. Menurut
Muhammad Ajaj Al Khatib, guru besar hadits pada Universitas Damaskus, Syria,
hadits yang tercantum dalam karya besar Imam Muslim, Shahih Muslim,
berjumlah 3.030 hadits tanpa pengulangan. Bila dihitung dengan pengulangan,
katanya, berjumlah sekitar 10.000 hadits. Sementara menurut Imam Al Khuli,
ulama besar asal Mesir, hadits yang terdapat dalam karya Muslim tersebut
berjumlah 4.000 hadits tanpa pengulangan, dan 7.275 dengan pengulangan. Jumlah
hadits yang beliau tulis dalam Shahih Muslim itu diambil dan disaring
dari sekitar 300.000 hadits yang beliau ketahui. Untuk menyaring hadits-hadits
tersebut, Imam Muslim membutuhkan waktu 15 tahun.
Dalam Tahdzibut
Tahdzib diceritakan bahwa Imam Muslim paling banyak mendapatkan ilmu
tentang hadits dari 10 orang guru yaitu:
1.
Abu Bakar bin Abi Syaibah, beliau belajar 1540 hadits.
2.
Abu Khaitsamah Zuhair bin Harab, beliau belajar 1281 hadits.
3.
Muhammad Ibnul Mutsanna yang dijuluki Az Zaman, beliau belajar 772
hadits.
4.
Qutaibah bin Sa’id, beliau belajar 668 hadits.
5.
Muhammad bin Abdillah bin Numair, beliau belajar 573 hadits.
6.
Abu Kuraib Muhammad Ibnul ‘Ila, beliau belajar 556 hadits.
7.
Muhammad bin Basyar Al Muqallab yang dijuluki Bundaar, beliau
belajar 460 hadits.
8.
Muhammad bin Raafi’ An Naisaburi, beliau belajar 362 hadits.
9.
Muhammad bin Hatim Al Muqallab yang dijuluki As Samin, beliau
belajar 300 hadits.
10.
‘Ali bin Hajar As Sa’di, beliau belajar 188 hadits.
Sembilan dari sepuluh
nama guru Imam Muslim tersebut, juga merupakan guru Imam Al Bukhari dalam
mengambil hadits, karena Muhammad bin Hatim tidak termasuk. Perlu diketahui,
Imam Muslim pun sempat berguru ilmu hadits kepada Imam Al Bukhari. Ibnu Shalah
dalam kitab Ulumul Hadits berkata: “Imam Muslim memang belajar pada Imam
Bukhari dan banyak mendapatkan faedah ilmu darinya. Namun banyak guru dari Imam Muslim yang juga merupakan guru dari
Imam Bukhari”. Hal inilah yang menjadi salah satu sebab Imam Muslim tidak
meriwayatkan hadits dari Imam Al Bukhari.[4][16]
Para ulama sepakat
menempatkan Imam Muslim sebagai orang kedua terbaik adalam masalah ilmu hadist
melihat matan, kritik dan seleksinya setelah imam Bukhari. “Di dunia ini orang yang benar-benar
ahli di bidang hadits hanya empat orang; salah satu di antaranya adalah Imam
Muslim,” komentar ulama besar Abu Quraisy Al Hafizh. Maksud ungkapan itu tak
lain adalah ahli-ahli hadits terkemuka yang hidup di masa Abu Quraisy.
Imam An Nawawi
menceritakan dalam Tahdzibul Asma Wal Lughat bahwa Imam Muslim memiliki
banyak karya tulis, diantaranya: 1) Kitab Shahih Muslim (sudah dicetak);
2) Kitab Al Musnad Al Kabir ‘Ala Asma Ar Rijal; 3) Kitab Jami’ Al
Kabir ‘Ala Al Abwab; 4) Kitab Al ‘Ilal; 5) Kitab Auhamul
Muhadditsin; 6) Kitab At Tamyiz (sudah dicetak), 7) Kitab Man
Laisa Lahu Illa Rawin Wahidin; 8) Kitab Thabaqat At Tabi’in (sudah
dicetak); 9) Kitab Al Muhadramain
Kemudian Adz Dzahabi
pun menambahkan dalam Tahdzibut Tahdzib bahwa Imam Muslim juga memiliki
karya tulis lain yaitu: 1) Kitab Al Asma Wal Kuna (sudah dicetak); 2)
Kitab Al Afrad; 3) Kitab Al Aqran; 4) Kitab Sualaat Ahmad bin
Hambal; 5) Kitab Hadits ‘Amr bin Syu’aib; 6) Kitab Al Intifa’ bi
Uhubis Siba’; 7) Kitab Masyaikh Malik; 8) Kitab Masyaikh Ats
Tsauri; 9) Kitab Masyaikh Syu’bah; 10) Kitab Aulad Ash Shahabah;
11) Kitab Afrad Asy Syamiyyin.
b. Karakteristik Shahih Muslim antara lain:
1.
Imam Muslim
banyak memberikan perhatian pada ekstraksi yang resmi. Beliau bahkan tidak
mencantumkan judul-judul setiap akhir dari satu pokok bahasan.
2.
Perhatiannya
Shahih Muslim lebih diarahkan pada mutaba’at dan syawahid.
3.
Imam Muslim
lebih berhati-hati dalam menyusun kata-kata dan redaksinya, karena menyusunnya
di negeri sendiri dengan berbagai sumber di masa kehidupan guru-gurunya. Beliau
juga tidak membuat kesimpulan dengan memberi judul bab sebagaimana Bukhari
lakukan. Dan sejumlah alasan lainnya.
4.
Mengenai sahih Muslim tidak ada hadist yang sanadnya dimulai dengan “ ‘An
Al Bukhari…(Diriwayatkan dari Al Bukhari)”. Hal ini dijawa oleh Syaikh
Abdul Muhsin Al Abbad hafizhahullah, beliau menuturkan: “Walau Imam
Muslim merupakan murid dari Imam Al Bukhari dan Imam Muslim mendapatkan banyak ilmu dari beliau, Imam Muslim tidak meriwayatkan satu pun hadits dari Imam Al
Bukhari. Hal ini dikarenakan oleh dua hal:
a.
Imam Muslim menginginkan uluwul isnad (sanad yang tinggi
derajatnya). Imam Muslim memiliki banyak guru yang sama dengan guru Imam Al
Bukhari. Jika Imam Muslim meriwayatkan dari Al Bukhari, maka sanad akan
bertambah panjang karena bertambah satu orang rawi yaitu (Al Bukhari).
Imam Muslim menginginkan uluwul isnad dan sanad yang dekat jalurnya
dengan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam sehingga beliau
meriwayatkan langsung dari guru-gurunya yang juga menjadi guru Imam Al Bukhari
b.
Imam Muslim merasa prihatin dengan sebagian ulama yang mencampur-adukkan
hadits-hadits lemah dengan hadits-hadits shahih tanpa membedakannya. Maka
beliau pun mengerahkan daya upaya untuk memisahkan hadits shahih dengan yang
lain, sebagaimana beliau utarakan di Muqaddimah Shahih Muslim.
Jika demikian, maka sebagian hadits-hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari
telah dianggap cukup dan tidak perlu diulang lagi. Karena Al Bukhari juga
sangat perhatian dalam mengumpulkan hadits-hadits shahih dengan ketelitian yang tajam dan pengecekan yang berulang-ulang”[5][18]
Mengenai metode penyusunan hadits,
Imam Muslim menerapkan prinsip-prinsip ilmu jarh, dan ta’dil, yakni
suatu ilmu yang digunakan untuk menilai cacat tidaknya suatu hadits. Beliau
juga menggunakan sighat at tahammul (metode-metode penerimaan riwayat),
seperti haddasani (menyampaikan kepada saya), haddasana
(menyampaikan kepada kami), akhbarana (mengabarkan kepada saya), akhabarana
(mengabarkan kepada kami), dan qaalaa (ia berkata).[6][19]
1.
Dalam Shahih Muslim dimulai dengan menampilkan muqaddimah
yang mengandung pengertian tentang ilmu hadist. Sedang dalam Shahih Bukhari
dimulai dengan bad’ul wahyi ila Rasulullah Saw tanpa mengemukakan
muqaddimah.
2.
Dalam Shahih Muslim susunannya dengan cara mengumpulkan beberapa
jalan hadist pada suatu tempat bagi maudhu tertentu, sehingga memudahkan orang
mencarinya. Sedang dalam Shahih Bukhari dikemukakan berbagai keterangan
lain yang berisi hadist-hadist, lagi memiliki faidah dan pengertian fiqhiyah
berikut kedalaman istimbat.
3.
Dalam Shahih Muslim hanya terdapat sedikit hadist muallaq yang
menurut Imam Nawawi sebanyak 14 hadist, sedangkan dalam Shahih Bukhari
mencapai ribuan, baik hadist mu’allaq marfu’ diulang maupun tidak
diulang.
4.
Dalam Shahih Muslim banyak digunakan tahwil dengan tanda ha’ didalam
sanadnya untuk memberi petunjuk beberapacabang jalur periwayatan suatu hadist.
Sedang dalam Shahih Bukhari sekalipun tahwil dengan tanda Ha ada,
namun jumlahnya tidak banyak.
5.
Dalam Shahih Muslim hanya memuat hadist marfu’ yang
disandarkan kepada Rasulullah Saw, berbeda dengan Shahih Bukhari
yang didalamnya ada yang mauquf atau maqthu’ yang masing-masing bersumber dari
Sahabat dan Tabi’in.
6.
Dalam Shahih Muslim, apabila ada penyandaran kepada beberapa guru,
lafadznya ditentukan siapa yang melafadzkan misalnya “hadatsana Zuhair bin
Harb wa Abu Kuraib wa lafadz li Zuhair”, tetapi dalam Shahih Bukhari
dapat ditetapkan bahwa bentuk periwayatan seperti itu, lafadznya bagi rawi yang
akhir.
7.
Dalam Shahih Muslim, periwayatan hadatsana dan akhbarana dibedakan.
Sedang dalam Shahih Bukhari antara keduanya dinyatakan sama, artinya
tidak ada perbedaan baik disampaikan atau dibacakan kepada gurunya.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid Khon, Ulumul
Hadis, (Jakarta: Amzah, 2008).
Ahmad Husnan, Kajian
Hadist Metode Takhrij, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1993).
Amin Amaruddin, Menguji
Kembali Keakuratan Hadis, Metode Kritik Hadis, (Jakarta: PT. Mizan Publika,
2009)
As Shahih, Shubhi, Ulum
Hadist wa Musthalahuh, (Beirut: Daar ilmi, 1969).
Al Imam Adz-Dzahabi, Siyar
A’laam An-Nubala’,
Bukhari, Muhammad Ibnu
Ismail, Shahih Al-Bukhari (Beirut: Daaru Ibni Katsir, 1987).
http://agama-islam.dharmawangsa.ac.id
http://muslim.or.id.
http://www.republika.co.id
Muslim, Ibnu Hijaj,
Shahih Muslim, (Beirut; Daaru ihyaitTurotsi Al-Arobiy).
Nata, Abuddin, Tafsir
Ayat-Ayat Pendidikan, (Tafsir Al-Ayat Al-Tarbawiy), (Jakarta: Raja Grafindo
Pustaka, 2002)
Software, Jawami’
Al-Kalim, Ver. 4,5. Islam Web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar